Blogger Widgets
TEHERAN - Iran dikabarkan mulai merakit kapal selam nuklir pertamanya. Perancangan dari kapal selam nuklir itu dilakukan di tengah munculnya kekhawatiran komunitas internasional terhadap program nuklir Iran.

Deputi Komandan Angkatan Laut Iran Laksamana Abbas Zamini mengatakan, negaranya sudah memulai langkah awal dalam perancangan kapal selam berenergi nuklir itu. Zamini pun menegaskan kembali, nuklir Iran digunakan untuk kepentingan damai dan Iran pun berhak untuk menciptakan kapal selam. Demikian, seperti diberitakan Associated Press, Selasa (12/6/2012).

Sejauh ini, Iran sudah membuat kapal selam yang berukuran kecil. Namun Iran juga menggunakan kapal selam buatan Rusia yang dibelinya pada 1990 silam. Kapal selam tersebut juga bukan merupakan kapal selam berenergi nuklir.

Kepemilikan sebuah kapal selam nuklir akan meningkatkan pamor suatu negara di tataran internasional. Hal itu disebabkan karena sejauh ini, hanya Amerika Serikat (AS), Rusia, Inggris, Prancis, dan China yang memiliki kapal selam nuklir.

Selain negara-negara tersebut, India dikabarkan sudah mengoperasikan kapal selam nuklirnya yang bernama Nerpa. Nerpa yang dirakit oleh Rusia akhirnya diberikan nama baru yakni, INS Chakra. Persenjataan dari kapal selam nuklir India juga tidak dapat dianggap remeh, karena empat buah torpedo 533 mm dan empat 650 mm dipasang di kapal selam itu.(AUL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar